Sunday, August 31, 2014

Cara Mengatasi Sariawan Secara Efektif

Cara mengatasi sariawan bisa dilakukan dengan cara tradisional dan non tradisional sehingga anda dapat memilih cara yang anda sukai. Sariawan ini merupakan problem mulut yang sangat mengganggu sekali berupa pembengkakan atau peradangan di area mulut. Bahasa lain dari sariawan adalah stomatitis yang merupakan sebuah masalah atau penyakit yang tidak terlalu berbahaya dan tidak mematikan tapi cukup mengganggu karena sangat membatasi setiap orang yang mengalaminya untuk berkomunikasi dan sangat menyiksa ketika mengunyah makanan.


Dengan demikian, selera makan dan selera berkomunikasi pun akan menjadi rendah yang tentunya akan sangat mengganggu kehidupan sosial dan mungkin saja berefek pada kesehatan yang lain karena sulit untuk mengkonsumsi makanan. Ada banyak faktor yang menyebabkan sariawan ini, ada yang tergigit, ada yang terdorong punggung sikat gigi, kekurang gizi, vitamin dan nutrisi, pertanda dari kelainan pada pencernaan, kebersihan mulit yang terabaikan, produk pasta gigi yang tidak cocok, makanan yang terlalu pedas atau terlalu panas dan daya tubuh yang mulai melemah.

Apapun penyebab dari sariawan tersebut, jika terlanjur terjadi yang harus anda cari adalah cara mengatasi sariawan tersebut agar cepat sembuh baik secara tradisional ataupun non tradisional :


Cara Tradisional Mengatasi Sariawan

  1. Dengan Kelapa Muda
    Air kelapa memiliki kandungan senyawa yang mampu menghidrasi tubuh sehingga sangat efektif untuk menyembuhkan sariawan dengan segera.

  2. Dengan Daun Jambu Biji
    Kunyah daun jambu biji dengan jumlah beberapa lembar saja, biarkan beberapa saat hingga akhirnya anda membersihkan mulut dengan berkumur.

  3. Dengan Pisang Campur Madu
    Campurkan kedua bahan ini dan haluskan hingga membentuk pasta untuk anda konsumsi.

  4. Dengan Bawang Putih Campur Pepaya
    Anda dapat mengoleskan langsung irisan bawang putih mentah pada sariawan kemudian tempelkan juga pepaya. Cara ini sangat mujarab untuk menyembuhkan sariawan.

  5. Dengan Minyak Kelapa
    Sifatnya yang anti bakteri menjadikan minyak kelapa sangat ampuh untuk menyembuhkan peradangan di mulut. Campuran madu akan mampu menyempurnakan penyembuhan dengan cara mengoleskannya pada sariawan.

  6. Dengan Tomat
    Anda dapat mengkonsumsi mentah atau membuatnya jus tanpa campuran pemanis ataupun es. Kandungan vitamin C pada tomat sangat ampuh menyembuhkan sariawan.


Dengan Cara Non Tradisonal

  1. Dengan Garam Campur Baking Soda
    Campurkan garam dan baking soda ini hingga menjadi berbentuk pasta kemudian oleskan pada luka atau sariawan, diamkan 10 menit kemudian bersihkan dengan air.

  2. Dengan Makanan Yang Kaya Zat Besi
    Anda dapat mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan zat besi seperti kalkun, sereal, dengan biji wijen, brokoli, kemudian gandum, ham, telur dan lain lain.

  3. Dengan Minum Vitamin
    Ini adalah cara yang sangat efektif, adapun vitamin yang anda minum adalah vitamin C, kemudian vitamin B, asam folat dan zat besi.


Masih banyak lagi cara mengatasi sariawan ini baik dengan cara yang tradisional ataupun non tradisional sehingga anda dapat memilih mana yang menurut anda mudah dan sederhana.

No comments:

Post a Comment