Sunday, September 7, 2014

4 Manfaat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan

Buah jeruk nipis merupakan salah satu tanaman obat yang memiliki karakteristik kulit berwarna hijau tua, berbentuk bulat dengan diameter 3-6 cm, serta daging buah berupa bulir-bulir berwarna kekuningan dengan rasa yang sangat masam. Meskipun rasanya tidak terlalu menyenangkan di lidah, buah ini bisa diolah menjadi jus ataupun atau campuran bahan makanan seperti soto dengan rasa yang sangat menyegarkan.


Buah jeruk nipis atau yang juga biasa disebut dengan jeruk limau ini sudah sejak lama dikenal sebagai tanaman obat untuk mengatasi berbagai gangguan masalah kesehatan pada tubuh. Buah yang mempunyai nama ilmiah Citrus aurantiifoila ini memiliki kandungan vitamin C yang sangat melimpah, yaitu sekitar 30 mg per 100 gram buah jeruk nipis. Selain vitamin C, jeruk nipis juga mengandung sejumlah zat gizi lain seperti protein nabati, vitamin A, Vitamin B kompleks, serta berbagai jenis mineral seperti magnesium, fosfor, potasium, serta sodium.

Karena kandungan nutrisinya yang sangat beragam dan melimpah itulah mengapa buah ini dikenal memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Manfaat yang terkandung dalam buah jeruk nipis tersebut diantaranya:


  1. Mengatasi Flu dan Batuk
    Pemicu utama sakit flu dan batuk adalah masuknya virus karena menurunnya daya tahan tubuh. Untuk itu konsumsi jeruk nipis yang memiliki kandungan vitamin C tinggi diharapkan bisa memulihkan kembali daya tahan tubuh sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit. Caranya menggunakan jeruk nipis untuk menyembuhkan flu dan batuk dapat dilakukan dengan menyeduh air perasan jeruk nipis dengan air panas 60 cc tanpa ditambahkan gula.

  2. Menyehatkan Kulit
    Buah jeruk nipis sangat kaya akan zat antioksidan yang dapat menangkal bahaya radikal bebas yang dapat membahayakan kesehatan kulit. Konsumsi jeruk nipis diketahui dapat menghabat penuaan kulit serta mencegah timbulnya kerutan. Selain itu, penggunaan jeruk nipis untuk pemakaian luar tubuh sebagai lulur juga terbukti dapat mengatasi berbagai masalah seperti kulit kering, telapak kaki pecah-pecah, kulit kasar, serta jerawat.

  3. Menghilangkan Bau Badan
    Jika anda memiliki masalah bau badan yang tidak bisa dihilangkan dengan deodoran biasa, maka ramuan jeruk nipis patut untuk anda coba. Caranya cukup dengan memeras 2 buah jeruk nipis, gunakan untuk membasahi tisu atau kapas, taburkan kapur sirih pada tisu/kapas yang sudah dibasahi air jeruk tersebut, lalu oleskan pada ketiak setiap sehabis mandi. Lakukan cara ini secara rutin 2 kali sehari jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal.

  4. Menjaga Kesehatan Rambut
    Keramas menggunakan air perasan jeruk nipis ternyata sangat bermanfaat untuk menjaga rambut agar tetap sehat. Hal ini dikarenakan jeruk nipis mengandung protein nabati serta berbagai macam vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan oleh rambut. Caranya cukup dengan menggunakan air perasan jeruk nipis sebagai shampo rambut, terapkan pada kulit kepala sambil dipijit-pijit, lalu bilas rambut dengan air sampai bersih. Cara ini cukup efektif untuk mengatasi masalah rambut rontok dan ketombe.

No comments:

Post a Comment