Sunday, October 5, 2014

6 Cara Ampuh Menghilangkan Daki Membandel

Siapa yang tidak merasa jengkel jika pada permukaan kulitnya banyak terdapat daki? Keberadaan daki akan membuat kulit menjadi mudah kering dan kasar serta jika dibiarkan terus menumpuk akan menimbulkan noda-noda hitam yang sulit untuk dihilangkan. Memang butuh usaha ekstra untuk menghilangkan daki, terutama yang sudah membandel. Namun bukan berarti bahwa daki tidak bisa dihilangkan.

Daki atau yang dalam Bahasa Jawa biasa disebut dengan bolot atau dangkal sejatinya merupakan kulit mati yang terkelupas yang tidak segera dihilangkan dari permukaan kulit. Seperti yang telah kita tahu bahwa kulit tubuh manusia selalu melakukan regenerasi dimana kulit lama akan mati lalu akan digantikan oleh sel kulit yang baru.

Sel kulit mati yang mengelupas ini kemudian akan bercampur dengan keringat dan debu dari luar serta terkena panas matahari sehingga menghasilkn apa yang kita sebut sebagai daki. Daki pada dasarnya memang mustahil untuk kita hindari atau kita hilangkan sepenuhnya karena daki sendiri merupakan hasil aktifitas tubuh manusia itu sendiri. Namun, daki tidak boleh dibiarkan begitu saja sampai menumpuk karena bisa menuupi pori-pori kulit serta dapat membuat kulit menjadi tampak kusam.

Pada artikel berikut ini akan dibahas mengenai beberapa cara sederhana namun terbukti cukup efektif untuk menghilangkan daki yang sudah membandel.

  1. Gunakan Minyak Zaitun
    Minyak zaitun sangat kaya akan kandungan vitamin E yang dapat memberikan nutrisi tambahan bagi kulit. Selain itu sifat minyak zaitun yang licin akan mampu mengangkat noda daki dari permukaan tubuh. Disarankan untuk melakukan luluran dengan minyak zaitun sambil memijit-mijit bagian tubuh yang sudah diluluri minyak zaitun. Setelah itu diamkan selama 15 menit lalu bilas tubuh dengan air hangat sampai bersih.

  2. Gunakan Scrub Mandi
    Fungsi utama dari body scrub adalah untuk mengangkat kotoran dari permukaan kulit. Itulah mengapa bahan ini sangat cocok bila digunakan untuk menghilangkan daki. Anda dapat menerapkan scrub mandi sambil menggosok-gosok pelan kulit lalu bilas dengan air bersih. Selain dapat merontokkan daki, scrub mandi juga terbukti dapat menghaluskan serta membuat kulit lebih kencang.

  3. Gunakan Bubuk Kopi
    Kopi murni yang tanpa diberi campuran ternyata bisa digunakan sebagai lulur kulit untuk menghilangkan daki. Caranya adalah dengan menyeduh bubuk kopi murni secukupnya dengan air hangat. Setelah itu gunakan ampas serta air seduhan kopi untuk mengolesi bagian tubuh yang akan dihilangkan dakinya lalu diamkan selama 15 menit sambil sesekali digosok dengan tangan. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan cara ini dua hari sekali.

  4. Jeruk Nipis dan Beras
    Caranya adalah dengan mencuci beras putih sampai bersih lalu tumbuk sampai halus. Rendam beras yang sudah dihaluskan ini di dalam air selama kurang lebih 10 menit. Setelah itu tambahkan air perasan jeruk nipis lalu aduk sampai rata. Kemudian gunakan ramuan beras dan jeruk nipis ini untuk luluran.

  5. Masker Mentimun
    Timun sudah sejak lama digunakan untuk melakukan perawatan kulit. Khusus untuk menghilangkan daki, anda dapat menumbuk mentimun sampai halus lalu campurkan air perasan jeruk nipis secukupnya. Gunakan bahan ini sebagai masker kulit untuk menjaga kulit tetap bersih dan sehat. Disamping dapat menghilangkan daki, masker buah mentimun juga dapat membuat kulit lebih halus serta tampak cerah.

  6. Gunakan Pelembab Kulit
    Penggunaan pelembab kulit sangat disarankan untuk menjaga kesehatan kulit terutama jika anda banyak beraktifitas di luar ruangan. Pelembab kulit berfungsi sebagai penangkal debu dan efek buruk sinar matahari serta dapat mengurangi produksi minyak berlebihan pada permukaan kulit.

No comments:

Post a Comment